Pengertian dan Fungsi VGA Card (Kartu Grafis)

by 10.11 0 komentar
Artikel ini berisikan tentang pengertian dan fungsi VGA card (kartu grafis)

Pengertian VGA Card (Kartu Grafis) 
          VGA (Video Graphics Accelerator) berfungsi untuk mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar kerja monitor. VGA memiliki prosessor yang disebut juga dengan GPU (Graphics Processing Unit) dan juga membutuhkan memori.

          VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM. Meskipun standard VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang tentunya lebih baru. VGA merupakan standar grafis trakhir yang diikuti oleh matoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Sampai sekarang oun tampilan windows masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen kartu grafis dan monitor.

          Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar yang berukuran 640 x 480 piksel. Kartu grafis (VGA) digunakan untuk menerjemahkan keluaran dari sebuah komputer (tampilan) ke monitor. Kegiatan desain grafis atau bermain game akan memrlukan kartu grafis dengan kapasitas dan kualitas yang tinggi. Pada saat bermain game, apalagi game online pasti akan membutuhkan VGA dengan kualitas bagus dan ukuran yang besar. Pada saat bermain game pasti komputer akan menampilkan sebuah gambar dengan kapasitas yang sangat besar, maka apabila VGA tidak sanggup untuk menampilkan gambar tersebut, maka bisa akan menyebabkan komputer menjadi eror. Produsen kartu grafis yang sangat terkenal saat ini adalah ATI dan Nvidia. Kedua produk-produk inilah yang saat ini mengusai pasar VGA khususnya di Indonesia.

          VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan sampai sekarang ini untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standard VGA secara resmi digantikan oleh standard XGA dari IBM, tatapi kenyataannya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card
           Fungsi dari VGA Card adalah untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA digunakan juga untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Bermanfaat untuk menggambar, bermain game, dan lainnya

Indra Gunawan

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar